Kersen | cara menanam buah kersen dari biji

Kersen | cara menanam buah kersen dari biji

 

Kersen atau talok (Muntingia calabura L.) adl sejenis tanaman sklgs buahnya yang kecil dan manis brwrn merah cerah. Di beberapa daerah, seperti di Jakarta, buah ini juga dinamai ceri (untk ceri yg sebenarnya, lihat artikel ceri).

Dlm Bahasa Madura, buah ini disebut "kersen" baleci. Nama-nama lainnya di bbrp negara adl datilesaratiles,manzanitas (Filipina); mât sâm (Vietnam); khoom sômztakhôb (Laos); takhop farang (Thailand); krâkhôb barang (Kamboja); & kerukup siam (Malaysia).

Jg diknl sbg capulin blancocacaniquaniguaniguito (bahasa Spanyol); Jamaican cherryPanama berry, dan  Singapore cherry (Inggris). Orang Belanda dl menyebutnya Japanse kers ("ceri jepang"), yang lalu dr sini diambil menjadi kersen dlmbahasa Indonesia atau ada yg menyebutnya ceri.

Daun Kersen mengandung zat antioksi&  alami sehingga bisa menghambat pertmbhn sel kanker dalam tubuh manusia. Di desa Mojodeso, Kecamatan Kapas, Kab. Bojonegoro, daun Kersen diolah oleh Adib Nurdiyanto menjadi teh herbal. Dikemas dlm botol siapmnm, teh daun Kersen ini menjadi minuman herbal yangdigmr para remaja.

Pemerian

Perdu atau pohon, tinggi smp 12 meter, meski umumnya hanya sktr 3-6 m saja. Hijau abadidan  terus menerus berbunga dan  berbuah sepanjang tahun.

Cabang-cabang mndtr, menggantung di ujungnya; mmbntk naungan yang rindang. Ranting-ranting berambut hls brcmpr dg rambut kelenjar; dmkn pula daunnya.

Daun-daun trltk mendatar, berseling; helaian daun tdk simetris, bundar telur lanset, tepinya bergerigi &  berujung runcing, 1-4 × 4-14 centimeter, sisi bawah berambut kelabu rapat; bertangkai pendek. Daun penumpu yg sblh meruncing bntk benang, lk. 0,5 centimeter, agak lama lalu mengering &  rontok, sementara sblh lagi rudimenter.

Bunga dlm berkas, berisi 1-3(-5) kuntum, terletak di ketiak agak di sebelah atas tumbuhnya daun; bertangkai pnjng; berkelamin dua &  berbilangan 5; kelopak brbg dlm, taju meruncing bntk benang, berambut halus; mahkota bertp rata, bundar telur terbalik, putih tipis, gundul, lk. 1 centimeter. Benang sari berjumlah bnyk, 10 smp lebih dr 100 helai. Bunga yg mekar menonjol keluar, ke atas helai-helai daun; namun setelah menjadi buah menggantung ke bawah, trsmbny di bawah helai daun. Umumnya hanya satu-dua bunga yg menjadi buah dlm tiap berkasnya.

Buah buni bertangkai panjang, bulat hmpr smprn, diameter 1-1,5 cm, hijau kuning dan  akhirnya merah apabilamatang, bermahkota sisa tangkai putik yg tidak rontok srp bintang hitam bersudut lima. Berisi beberapa ribu biji yg kecil-kecil, halus, putih kekuningan; terbenam dalam daging dan  sari buah yang manis skl.

Selain itu, buah kersen juga dapat digunakan untk obat penyakit asam urat, diabetes, &  masih banyak lg.

Hasil, ekologi dan penyebaran

Buah kersen disukai terutama oleh anak-anak, burung dan  codot. Anak-anak sekolah sering mmnjt pohonnya, meninggalkan bekas-bekas brp ranting yg berpatahan dan  kulit batang yang terkelupas. Buah ini jg dpt dijadikan selai. Di Meksiko, buah kersen dijual di psr.Pohon kersen di Indonesia mdh dijumpai. Biasanya pohon ini dijadikan tempat teduh bagi tukang becak di Indonesia.

Kayu kersen lunak &  mdh kering, sangat brgn sbg kayu bakar. Kulit kayunya yg mudah dikupas digunakan sbg bahan tali dan  kain pembalut. Daunnya dapat dijdkn smcm teh.

Burung-burung pemakan buah, seperti klmpk merbah &  burung cabe, srng mngnjng pohon ini di waktu siang untk memakan buah atau sari buahnya yang manis. Di waktu hari gelap, brgnt aneka varietas kelelawar pmkn buah yang dtng dengan tjn yg sama. Bj kersen tidak tercerna oleh burung &  codot, krn itu kedua kelompok hewan ini sekaligus bfngs sbg pemencar bijinya.

Pohon kersen khususnya berguna sebagai pohon peneduh di pinggir jalan. Tanaman kecil ini awalnya sering tmbh sbg semai liar di tepi jln, selokan, atau muncul di tengah retakan tembok lantai atau pagar, &  akhirnya tmbhdg cpt –biasanya dibiarkan saja– membesar sebagai tumbuhan naungan. Sbb itulah pohon kersen seringkali ditemukan di wly perkotaan yang ramai dan  padat, di tepi trotoar &  lahan parkir, di tepi sungai yang tidak terurus atau di tmpt-tmpt yang biasa krng berkpnjngn.

Karena sifat-sifat dan  daya thnnya itu, kersen mnjd salah satu tanaman pionir yg plng bnyk ditemukan di wlyh hunian manusia di daerah tropis. Berasal dari Amerika tropis (Meksiko selatan, KaribiaAmerika Tengah sampai ke Peru & Bolivia), kersen dibawa msk ke Filipina pd akhir abad-19, &  lalu dg cpt mnybr di slrh wlyh tropis Asia Tenggara.

2019-02-23 23:54:14 * 2019-02-23 15:37:13

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kersen | cara menanam buah kersen dari biji adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kersen | cara menanam buah kersen dari biji"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit