Kersen | buah kersen atau cherry

Kersen | buah kersen atau cherry

 

Kersen atau talok (Muntingia calabura L.) adl sejenis tanaman sekaligus buahnya yang kecil & manis berwarna merah cerah. Di beberapa daerah, seperti di Jakarta, buah ini jg dinamai ceri (untuk ceri yg sebenarnya, lihat artikel ceri).

Dlm Bahasa Madura, buah ini dsbt "kersen" baleci. Nama-nama lainnya di beberapa negara adalah datilesaratiles,manzanitas (Filipina); mât sâm (Vietnam); khoom sômztakhôb (Laos); takhop farang (Thailand); krâkhôb barang (Kamboja); dan kerukup siam (Malaysia).

Jg diknl sbg capulin blancocacaniquaniguaniguito (bahasa Spanyol); Jamaican cherryPanama berry, dan  Singapore cherry (Inggris). Orang Belanda dulu menyebutnya Japanse kers ("ceri jepang"), yg lalu dari sini diambil menjadi kersen dlmbahasa Indonesia atau ada yg menyebutnya ceri.

Daun Kersen mngndng zat antioksi&  alami shngg bisa mnghmbt pertumbuhan sel kanker dlm tubuh manusia. Di desa Mojodeso, Kecamatan Kapas, Kab. Bojonegoro, daun Kersen diolah oleh Adib Nurdiyanto menjadi teh herbal. Dikemas dlm botol siapminum, teh daun Kersen ini mnjd mnmn herbal yang digemari para remaja.

Pemerian

Perdu atau pohon, tinggi sampai 12 meter, msk umumnya hanya sktr 3-6 m saja. Hijau abadidan  trs menerus berbunga dan  berbuah sepanjang tahun.

Cabang-cabang mendatar, menggntng di ujungnya; membentuk naungan yang rindang. Ranting-ranting berambut halus bercampur dengan rambut kelenjar; demikian pula daunnya.

Daun-daun trltk mndtr, berseling; helaian daun tdk simetris, bundar telur lanset, tepinya bergerigi &  berujung runcing, 1-4 × 4-14 centimeter, sisi bwh berambut kelabu rapat; bertangkai pendek. Daun penumpu yang sebelah meruncing bentuk benang, lk. 0,5 centimeter, agak lama lalu mengering &  rontok, smntr sblh lagi rudimenter.

Bunga dlm berkas, berisi 1-3(-5) kuntum, trltk di ketiak agak di sebelah atas tumbuhnya daun; bertangkai panjang; berkelamin dua dan  berbilangan 5; kelopak brbg dalam, taju meruncing bntk benang, berambut halus; mahkota bertp rata, bundar telur terbalik, putih tipis, gundul, lk. 1 centimeter. Benang sari brjmlh banyak, 10 smp lebih dari 100 helai. Bunga yg mekar menonjol keluar, ke atas helai-helai daun; namun setelah mnjd buah menggantung ke bawah, trsmbny di bwh helai daun. Umumnya hanya satu-dua bunga yang mnjd buah dlm tiap berkasnya.

Buah buni bertangkai pnjng, bulat hamper sempurna, diameter 1-1,5 cm, hijau kuning dan  akhirnya merah apblmatang, bermahkota sisa tangkai putik yang tdk rontok serupa bintang hitam bersudut lima. Berisi beberapa ribu bj yang kecil-kecil, halus, putih kekuningan; terbenam dalam daging &  sari buah yang manis skl.

Selain itu, buah kersen juga dpt digunakan untk obat penyakit asam urat, diabetes, &  masih bnyk lg.

Hasil, ekologi dan penyebaran

Buah kersen disukai terutama oleh anak-anak, burung dan  codot. Anak-anak sklh srng mmnjt pohonnya, mngglkan bekas-bekas berupa ranting yang berpatahan &  kulit batang yg terklps. Buah ini jg dapat dijdkn selai. Di Meksiko, buah kersen dijual di pasar.Pohon kersen di Indonesia mudah dijumpai. Biasanya pohon ini dijadikan tmpt teduh bg tukang becak di Indonesia.

Kayu kersen lunak dan  mdh kering, sngt berguna sebagai kayu bakar. Kulit kayunya yang mudah dikupas dgnkn sbg bhn tali dan  kain pembalut. Daunnya dapat dijdkn semacam teh.

Burung-burung pemakan buah, seperti klmpk merbah &  burung cabe, srng mngnjng pohon ini di waktu siang untk mmkn buah atau sari buahnya yang manis. Di waktu hari gelap, berganti aneka jenis kelelawar pmkn buah yang dating dengan tujuan yang sama. Biji kersen tidak tercerna oleh burung &  codot, karena itu kedua klmpk hewan ini sekaligus bfngs sbg pemencar bijinya.

Pohon kersen khususnya brgn sebagai tanaman peneduh di pinggir jalan. Tanaman kecil ini awalnya sering tmbh sbg semai liar di tepi jalan, selokan, atau muncul di tengah retakan tembok lantai atau pagar, &  akhirnya tumbuhdg cpt –biasanya dibiarkan saja– mmbsr sbg tumbuhan naungan. Sbb itulah pohon kersen seringkali ditemukan di wly perkotaan yang ramai &  padat, di tepi trotoar dan  lahan parkir, di tepi sungai yang tidak terurus atau di tmpt-tmpt yg biasa kering berkepanjangan.

Krn sifat-sifat dan  daya thnnya itu, kersen mnjd salah satu tanaman pionir yg paling bnyk dijumpai di wilayah hunian manusia di daerah tropis. Berasal dr Amerika tropis (Meksiko selatan, KaribiaAmerika Tengah sampai ke Peru dan Bolivia), kersen dibw masuk ke Filipina pd akhir abad-19, dan  lalu dg cepat menyebar di seluruh wilayah tropis Asia Tenggara.

2019-02-23 0:01:12 * 2019-02-22 17:13:15

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kersen | buah kersen atau cherry adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kersen | buah kersen atau cherry"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit