Cabai | cabai vertikultur

Cabai | cabai vertikultur

Cabai atau cabai merah atau chili adl buah & tanaman anggota genus Capsicum. Buahnya dapat diglngkn sbg sayuran maupun bumbu, tergantung bgmn digunakan. Sebagai bumbu, buah cabai yang pedas sngt terkenal di Asia Tenggara sbg penguat rasa mknn. Bg seni masakan Padang, cabai bahkan dianggp sebagai "bahan mknn pkk" ke sepuluh (alih-alih sembilan). Sngt sulit bg masakan Padang dibuat tnp cabai.

Manfaat Cabai

Cabai merah bsr (Capsicum annuum L.) merupakan salah satu spesies sayuran yang memilki nilai ekonomi yg tinggi. Cabai mengandung brbg jenis snyw yang brgn bg kesehatan manusia. [1]. Sun et al. (2007) mlprkn cabai mngndng antioksidan yang berfungsi untk mnjg tbh dari srngn radikal bbs. Kndngn trsbr antioksidan ini adl pd cabai hijau. Cabai jg mengandung Lasparaginase & Capsaicin yg brprn sebagai zat antikanker (Kilham 2006; Bano & Sivaramakrishnan 1980).

Cabai (Capsicum annum L) mrpkn slh satu produk sayuran yg bnyk dibudidayakan oleh petani di Indonesia karena mempunyai hrg jual yg tngg [2]dan mempunyai bbrp manfaat kesehatan yang salah satunya adl zat capsaicin yg berfungsi dalam mngndlkn penyakit kanker. Selain itu kndngn vitamin C yg cukup tinggi pada cabai dapat memenuhi kebutuhan harian stp orang, nmn harus dikonsumsi secukupnya untk mnghndr nyeri lambung.

Cara penanaman

Cabai atau lombok trmsk dalam suku terong-terongan (Solanaceae) dan merupakan tumbuhan yang mudah ditnm di dataran rndh ataupun di dataran tngg. Pohon cabai bnyk mengandung vitamin A & vitamin C serta mngndng minyak atsiri capsaicin, yg menyebabkan rasa pedas & memberikan khngtn panas bila dgnkn untk rempah-rempah (bumbu dapur). Cabai dapat ditanam dengan mudah sehingga bisa dipakai untk kbthn sehari-hari tanpa hrs mmblnya di pasar.

Tumbuhan cabai cocok ditanam pada tanah yang kaya humus, gembur & sarang, srt tdk trgnng air; pH tanah yg ideal sktr 5-6. Waktu tnm yg baik untuk lhn krng adalah pd akhir musim hujan (Maret-April). UntkUntuk mendapat hrg cabai yg tinggi, bisa juga [dilkkn|dilakukan} pada bln Oktober & panen pd bln Desember, walaupun ada risiko kggln. Tumbuhan cabai diprbnyk melalui bj yg ditanam dr tanaman yg sehat srt bbs dari hama dan penyakit. Buah cabai yg tlh diseleksi untuk bibit dijmr hngg kering. Kalau pnsnya ckp dlm lima hari tlh krngkering kmdn baru diambil bjnya: Untuk areal satu hektar dibutuhkan sktr 2-3 kg buah cabai (300-500 gram biji).

Permasalahan produksi

Salah satu kendala utama dalam sistem produksi cabai di Indonesia adalah adanya serangan lalat buah pada buah cabai. Hama ini sering menyebabkan gagal panen[3]. Laporan Departemen Pertanian RI tahun 2006 menunjukkan bhw kerusakan pada pohon cabai di Indonesia dapat mencapai 35%. Buah cabai yang trsrng srng tampak sehat & utuh dari luar tetapi bila dilihat di dalamnya mmbsk dan mngndng larva lalat. Pnybbnya terutama adl lalat buahBactrocera carambolae. Krn gejala awlnya yg tak tampak jelas, sementara hama ini sebarannya msh trbts di Indonesia, lalat buah menjadi hamakarantina yang ditkt sehingga dapat menjadi pnghmbt ekspor buah-buahan mpn pd produksi cabai.

Sln lalat buah, Kutudaun Myzus persicae (Hemiptera: Aphididae) mrpkn salah satu hama penting pada bddy cabai krn dpt menyebabkan krskn hngg 80%. Upaya pngndlnnya dapat menggunakan insektida nabati ekstrak Tephrosia vogelii dan Alpinia galanga[4]

Upaya penanggulangan hama

Sebenarnya sudah dilakukan upaya untk mengendalikan serangan lalat buah ini, di antaranya adalah pembrongsongan yang bisa mencegah serangan lalat buah. Akan ttp, cara ini tidak praktis untuk dilkkn pd pohon cabai dlm areal yang luas. Smtr penggunaan insektisida sln mncmr lingkungan jg sangat berbahaya bg knsmn buah. Oleh krn itu, diperlukan cara pngnndln yang ramah lngkngn dan cocok untuk ditrpkn di areal luas seperti di lhn sentral produksi cabai. Upaya pengendalian lalat buah pd pohpn cabai, khususnya cabai merah, adalah penggunaan insektisida sintetik karena dianggp praktis, mdh didapat, dan mnnjkkn efek yg cepat. Selain insektisida sintetik, insektisida nabati sprt kacang babi Tephrosia vogelii, jeruk purut Citrus hystrix, serai wangi Cymbopogon citratus efektif sebagai pnlk lalat buah.[5]

 

 

2019-02-25 12:53:14 * 2019-02-24 19:03:12

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Cabai | cabai vertikultur adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Cabai | cabai vertikultur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit